4 Jenis Komponen Dasar dalam Komponen Elektronik yang Wajib Diketahui

Teknologi

Pada saat membahas dan mempelajari masalah elektronika maka dijamin Anda akan langsung diperkenalkan pada komponen elektronik di dalamnya. Elektronika mengajarkan kita perihal semua komponen untuk membantu mengatur arus listrik supaya bisa mengalir stabil dan sesuai kebutuhan pada perangkat elektronik. Biasanya elektronika menjadi mata pelajaran sewaktu duduk di bangku SMP, dan bisa jadi berlanjut di bangku SMA ketika mengambil jurusan yang berhubungan dengan bidang elektronika itu sendiri.

Kalau membahas mengenai komponen di bidang elektronika maka dijamin akan menjumpai beberapa jenis. Ciri khasnya adalah setiap komponen memiliki bentuk khas dan berukuran mungil namun ketika dirangkai dengan benar. Secara menakjubkan komponen ini mampu menghasilkan produk elektronik yang fungsional dan bisa dihubungkan dengan aman ke sakelar listrik. Sebelum lihai merangkai komponen ini wajib sekali untuk mengenal jenis dan fungsinya masing-masing, supaya apa yang dirakit bisa menghasilkan apa yang diharapkan.

Beragam Komponen Dasar dalam Elektronika

Jenis komponen di dalam elektronika ada banyak, untuk mengenal dan menghafalnya di luar kepala tentu butuh proses. Maka pelajari secara perlahan dan bisa dimulai dari komponen dasar yang secara otomatis akan dipakai untuk semua rangkaian elektronika. Entah untuk membuat televisi, radio, lampu LED, dan lain sebagainya yang bisa berfungsi dengan baik serta aman untuk digunakan. Komponen ini bisa didapatkan di toko perangkat elektronik, baik di situs belanja online maupun offline.

Supaya tidak gamang perihal komponen elektronik maka kenali komponen yang sifatnya mendasar, dan berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Komponen resistor
Resistor secara harfiah memiliki makna sebagai hambatan karena memang berfungsi menghambat arus listrik di dalam rangkaian tertutup. Sekilas bentuknya seperti sosis yang di kedua ujungnya terdapat sehelai kawat tembaga. Beban hambatan setiap resistor berbeda dan ditentukan berdasarkan warna gelang yang melingkari badan resistor tersebut. Dalam pelajaran elektronika biasanya diajari bagaimana menghitung total hambatan dengan menghitung total semua gelang warna di dalamnya.

2. Komponen kapasitor
Kapasitor atau sering pula disebut sebagai kondensator ini memiliki fungsi untuk menampung atau menyimpan daya listrik. Kerap kali ditambahkan dalam rangkaian elektronika tertutup seperti halnya resistor. Melihat fungsinya maka dijamin komponen satu ini membantu mengatur arus listrik supaya lebih stabil. Kemampuannya menyimpan arus listrik menjadikannya mampu menyeimbangkan aliran listrik pada sebuah rangkaian. Sekilas bentuknya seperti balon udara aneka warna namun memiliki dua helai kawat di bagian bawahnya.

3. Komponen dioda
Dioda juga masuk ke dalam jajaran komponen dasar elektronika yang memiliki fungsi menghambat arus listrik. Komponen ini memiliki dua elektroda yakni katoda dan anoda, sehingga bisa mengarahkan arus listrik ke arah berlawanan maupun sebaliknya sesuai kebutuhan. Sangat tepat untuk membantu mengatur arus listrik, supaya melindungi komponen tertentu agar tidak dilalui arus tersebut atau malah sebaliknya. Bentuknya mirip dengan resistor hanya saja berbentuk kotak bukan lonjong seperti sosis.

4. Komponen induktor
Induktor dalam sebuah rangkaian listrik memiliki fungsi untuk menyimpan energi karena suatu rangkaian dilalui oleh tegangan listrik. Komponen ini memiliki peran vital dalam sebuah rangkaian sehingga tidak salah jika masuk ke dalam komponen dasar. Ketika merangkai sebuah elektronika maka dijamin akan mencarinya, Anda bisa membelinya di berbagai toko online yang kebetulan menyediakannya. Bentuknya sendiri seperti kawat spiral yang melilit-lilit tanpa resistor, dan menjadi komponen elektronik dengan peran yang tidak tergantikan.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknologi
Tips Sukses Jual Pulsa Murah

Pada dasarnya untuk bisa mencapai kesuksesan dalam bisnis jual pulsa murah bukanlah hal yang sulit. Tak sedikit orang yang menggeluti bidang penjualan pulsa mampu menghasilkan pemasukan yang jauh lebih besar dibandingkan gaji seorang manager sekalipun. Namun, tentu saja, semua itu akan tercapai ketika Anda mau serius dan fokus pada bidang …

Teknologi
Lenovo Kembali Dengan Perangkat Baterai Bertenaga 6.000 mAh

Lenovo dalam beberapa tahun ini merilis smartphone dengan merek Motorola. Namun kini perusahaan asal China tersebut telah menentukan tanggal untuk menngumumkan smartphone baru pada 20 Maret. Lenovo sendiri telah merilis poster yang merupakan undangan media untuk acara tersebut. Poster tersebut dikirim oleh petinggi Lenovo Chang Cheng di jejaring sosial China …

Teknologi
Tahun Depan Qualqomm Akan Bawa Teknologi 5G ke Prosesor Snapdragon 855

Bukan sebuah informasi yang mengagetkan jika prosesor Qualcomm tahun depan akan diberi nama Snapdragon 855. Namun dari apa yang dibocorkan oleh Roland Quant di akun Twitternya, Qualcomm akan memiliki kejutan spesial untuk prosesor terbarunya. Berdasarkan dokumen pemasukan dari SoftBank yang dicuitkan oleh Roland Quant, disebut bahwa prosesor mobile 2019 dari …